MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA | 04 |
MATA DIKLAT :
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN
PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
MENGOPERASIKAN
PERANGKAT LUNAK
PENGOLAH KATA
[TIK.OP02.004.01]
Edisi III – 2005
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI............................................................................................... .... i
DAFTAR GAMBAR.................................................................................... .... ii
DAFTAR TABEL........................................................................................ .... iii
1. PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1. Deskripsi……………………………………………………………… 1
1.2. Prasyarat……………………………………………………………… 2
1.3. Petunjuk Penggunaan Modul………………………………………. 2
1.3.1. Untuk Peserta Didik………………………………………….. 2
1.3.2. Peran Guru dalam proses pemelajaran……………………. 2
1.4. Tujuan Akhir………………………………………………………….. 3
1.5. Cek Kemampuan…………………………………………………….. 3
1.5.1. Soal Teori........................................................................... 3
1.5.2. Soal Praktek....................................................................... 4
2. KEGIATAN BELAJAR 1........................................................................ 5
2.1. Tujuan Pemelajaran..................................................................... 5
2.2. Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata..................................... 5
2.3. Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata....................... 6
2.4. Rangkuman Pembelajaran 1........................................................ 10
2.5. Tugas............................................................................................ 10
2.6. Tes Formatif.................................................................................. 10
2.6.1. Soal Teori........................................................................... 10
2.6.2. Soal Praktek....................................................................... 10
3. KEGIATAN BELAJAR 2........................................................................ 11
3.1. Tujuan Pemelajaran..................................................................... 11
3.2. Mengenali Lingkungan Kerja........................................................ 11
3.2.1. Menu dan Tolbar................................................................ 11
3.3. Keyboard Shortcut…………………………………………………… 12
3.4. Operasi Dasar.............................................................................. 13
3.4.1. Membuat Dokumen Baru................................................... 13
3.4.2. Menyimpan Dokumen........................................................ 13
3.4.3. Membuka Dokumen........................................................... 15
3.4.4. Menutup Dokumen............................................................. 15
3.5. Rangkuman Pembelajaran 2 ....................................................... 16
3.6. Tugas........................................................................................... 16
3.7. Tes Formatif................................................................................. 16
3.7.1. Soal Teori........................................................................... 16
3.7.2. Soal Praktek....................................................................... 17
4 KEGIATAN BELAJAR 3........................................................................ 18
4.1. Tujuan Pemelajaran...................................................................... 18
4.2. Melakukan Editing Dan Formatting Sederhana............................ 18
4.3. Mengatur Layout Dokumen.......................................................... 20
4.4. Mengatur Format Berulang (AutoCorrect).................................... 21
4.5. Pembuatan Header, Footer, Page Numbering…………………… 22
4.6. Menggunakan Tabulasi................................................................ 23
4.7. Membuat Teks Berkolom.............................................................. 23
4.8. Rangkuman Pembelajaran 3........................................................ 25
4.9. Tugas............................................................................................ 25
4.10. Tes Formatif.................................................................................. 25
4.10.1.Tes Teori............................................................................ 25
4.10.2.Tes Praktek........................................................................ 25
5 KEGIATAN BELAJAR 4........................................................................ 26
5.1. Tujuan Pemelajaran...................................................................... 26
5.2 Membuat Tabel ............................................................................ 26
5.3. Rangkuman Pembelajaran 4........................................................ 27
5.4. Tugas........................................................................................... 27
5.5. Tes Formatif.................................................................................. 27
5.5.1. Tes Teori............................................................................ 27
5.5.2. Tes Praktek........................................................................ 28
6 KEGIATAN BELAJAR 5........................................................................ 29
6.1. Tujuan Pemelajaran...................................................................... 29
6.2. Mencetak Dokumen...................................................................... 29
6.3. Rangkuman Pembelajaran 5........................................................ 30
6.4. Tugas............................................................................................ 30
6.5. Tes Formati................................................................................... 30
6.5.1. Tes Teori............................................................................. 30
6.5.2. Tes Praktek......................................................................... 30
PENUTUP...................................................................................................... 31
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................32
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs.................................... 6
Gambar 2. Akses MS Word shortcut pada desktop………………………... 7
Gambar 3. Akses MS Word dari Start > Run > Browse…………………… 7
Gambar 4. Akses MS Word dari Windows Explorer……………………….. 8
Gambar 5. Akses MS Word dari Start > Search > All Files and Folders … 8
Gambar 6. Lingkungan kerja MS Word 2000............................................. 9
Gambar 7. Lingkungan kerja OpenOffice.org Writer di platform Linux…... 9
Gambar 8. Keterangan menu dan toolbar…………………………………... 11
Gambar 9. File > New………………………………………………………. … 13
Gambar 10. File > Save……………………………………………………… … 14
Gambar 11. Jendela Save atau Save As………………………………….. … 14
Gambar 12. File > Open............................................................................... 15
Gambar 13. Jendela Open........................................................................... 15
Gambar 14. File > Close.............................................................................. 16
Gambar 15. Toolbar Formatting……………………………………………….. 18
Gambar 16. Menu Format beserta perintah-perintahnya............................ 18
Gambar 17. Jendela Columns...................................................................... 19
Gambar 18. Jendela Drop Cap.................................................................... 19
Gambar 19. Jendela Tab.............................................................................. 20
Gambar 20. Jendela Tab.............................................................................. 21
Gambar 21. Menu Tools AutoCorrect dan jendela AutoCorrect................... 21
Gambar 22. Cara mengaktifkan fasilitas Header dan Footer....................... 22
Gambar 23. Jendela dialog Tabs................................................................. 23
Gambar 24. Jendela dialog Columns........................................................... 24
Gambar 25. Tampilan hasil format dengan 3 kolom.................................... 24
Gambar 26. Tampilan menu membuat tabel .............................................. 27
Gambar 27. Cara mengaktifkan fasilitas Print dan jendela dialog Print........29
Gambar 28. Menu page setup...................................................................... 30
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Daftar kunci shortcut yang sering digunakan dalam MS Word 12
1. PENDAHULUAN
1. 1. DESKRIPSI
Nama Modul | : | Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata |
Kode Kompetensi | : | TIK.OP02.004.01 |
Ruang lingkup isi | : | · Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata |
| | o Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata |
| | o Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen |
| | o Melakukan editing sederhana, isian berulang |
| | o Membuat tablel. |
| | o Mencetak dokumen |
Kaitan Modul | : | Modul ini merupakan modul ketiga yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah modul TIK.OP02.002.01 Mengoperasikan printer. |
Hasil yang diharapkan | : | Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : a. Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata; b. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata; c. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing pengolah kata; d. Menjelaskan cara membuat tabel. e. Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak pada Perangkat Lunak pengolah kata tanpa kesalahan. |
Manfaat di Industri | : | Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat : a. memahami cara mengoperasikan Perangkat Lunak pengolah kata; b. membuat dan menyimpan dokumen ; c. mengedit dan mencetak dokumen yang ada di industri. |
1.2 . PRASYARAT
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah : TIK.OP02.002.01 Mengoperasikan printer.
1.3. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.3.1. Untuk peserta didik.
a. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet.
b. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi :
· unit komputer yang siap digunakan;
· sistem operasi yang legal dan siap digunakan;
· buku manual sistem operasi;
· SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer.
c. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya.
d. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.
1.3.2. Peran guru dalam proses pemelajaran adalah :
a. Membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar, utamanya dalam materi-materi yang relatif baru bagi peserta didik.
b. Membimbing peserta didik melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
c. Membantu peserta didik dalam memahami konsep dan praktek dalam modul ini dan menjawab pertanyaan peserta didik mengenai proses belajar dan pencapaian jenjang pengetahuan peserta didik.
d. Membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
e. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
f. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari dunia usaha untuk membantu jika diperlukan.
g. Melaksanakan penilaian.
h. Menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya.
i. Mencatat pencapaian kemajuan peserta didik.
1.4. TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
1.4.1. Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata;
1.4.2. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata;
1.4.3. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing pengolah kata;
1.4.4. Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat tabel.
1.4.5. Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak pada Perangkat Lunak pengolah kata tanpa kesalahan.
1.5. CEK KEMAMPUAN
Apabila anda dapat menjawab seluruh soal dibawah ini, anda disilakan untuk langsung mengambil Unit Kompetensi selanjutnya.
1.5.1. Soal Teori
1. Sebelum anda menginstal Perangkat Lunak pengolah kata, apa yang harus anda sediakan ?
a. Perangkat Lunak pengolah kata
b. Perangkat Lunak pengolah angka
c. Perangkat Lunak sistem operasi
d. Perangkat Lunak grafis
2. Yang termasuk Perangkat Lunak pengolah kata berikut ini adalah:
a. MS Word
b. Power Point
c. MS Excell
d. MS Dos
3. Bagaimana langkah awal menginstall pengolah kata:
a. memasukkan CD MS Office ke CD ROM, kemudian klik tombol perintah Del
b. memasukkan CD MS Office ke CD ROM, kemudian klik tombol perintah Setup
c. memasukkan CD MS Office ke CD ROM, kemudian klik tombol perintah Next
d. memasukkan CD MS Office ke CD ROM, kemudian klik tombol perintah finish
4. Bagaimana langkah mengedit dokumen yang masih ada kesalahan ketik?
a. blok data yang hendak diedit, klik tombol delete
b. arahkan kursor pada kata yang salah, hapus huruf yang salah dan diganti dengan yang benar
c. blok kalimat yang salah, lalu dihapus
d. blok kata yang salah, lalu dihapus
5. Pada proses pencetakan dokumen, langkah apa yang harus dilakukan:
a. klik file, page setup, tekan Ctrl V
b. klik file, page setup, tekan Ctrl P
c. klik file, page setup, tekan Ctrl X
d. klik file, page setup, tekan Ctrl Ag
6. Untuk mencetak data pada halaman yang sedang aktif/tampil di layar monitor, maka pada kolom page range diset :
a. all
b. current page
c. page
d. aligment
1.5.2. Soal Praktek
Soal praktek modul ini didasarkan kepada Satuan Acara Pemelajaran (SAP) Kompetensi TIK.OP02.004.01 Seluruh kegiatan praktek pada SAP tersebut harus diikuti dengan hasil uji kompetensi lulus.
2. KEGIATAN BELAJAR 1
2.1. Tujuan Pemelajaran
Siswa mampu menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata;
2.2. Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copy con untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
2.3. Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Karena Perangkat Lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah pengoperasian Perangkat Lunak tersebut. Dengan asumsi bahwa sebagian besar aplikasi yang sama juga memiliki fasilitas serta fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.
Dalam lingkungan MS Windows kita bisa mengakses sebuah aplikasi yang sudah diinstal terlebih dahulu melalui lebih dari satu cara, antara lain:
1. Melalui Start
Langkah – langkahnya adalah :
Klik start > Programs, baru masuk ke folder MS Office. Atau mungkin langsung dari klik start > Programs > Microsoft Word.
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs
2. Dari shortcut yang sebelumnya kita buat terlebih dahulu.
Langkah – langkahnya adalah dengan klik ganda shortcut yang akan dibuka
Gambar 2. Akses MS Word shortcut pada desktop
3. Dari Start > Run lalu kita pilih Browse.
Langkah – langkahnya adalah tinggal kita cari letak dari file yang akan kita buka. Misalnya di Program Files\Microsoft Office\Winword.exe. Setelah terpilih klik Ok.
Gambar 3. Akses MS Word dari Start > Run > Browse
4. Cara lain adalah melalui Windows Explorer, lalu kita cari lokasinya seperti pada langkah no. 3.
Gambar 4. Akses MS Word dari Windows Explorer
5. Sedangkan yang terakhir adalah melalui fasilitas pencarian yang dimiliki oleh Windows.
Langkah langkahnya adalah klik start > Search > All files and folders. Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang ingin kita cari, misalnya winword. Setelah ditemukan tinggak klik maka file tersebut akan dieksekusi.
Gambar 5. Akses MS Word dari Start > Search > All Files and Folders
Setelah tereksekusi maka aplikasi MS Word akan dijalankan dan menampilkan lingkungan kerja sebagai berikut:
Gambar 6. Lingkungan kerja MS Word 2000
Sedangkan tampilan pada lingkungan kerja Open Office.org Writer adalah sebagai berikut:
Gambar 7. Lingkungan kerja OpenOffice.org Writer di platform Linux
2.4. Rangkuman Kegiatan Belajar 1 :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, hampir disemua instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan menggunakannya.
2.5. Tugas
Untuk menambah wawasan tentang pembahasan materi diatas, siswa wajib membaca baca buku atau sumber-sumber lain kemudian dibuat rangkuman.
2.6. Tes Formatif :
2.6.1. Tes Toeri
1. Salah satu cara untuk mengakses MS Word melalui start yaitu :
a. Start > Program > MS Word
b. Program > Start > MS Word
c. Start > Program > Open
d. Open > Start > Program
2. Membuka MS Word secara cepat dapat dilakukan dengan cara :
a. shortcut
b. start
c. browse
d. window explorer
3. Fasilitas scrollbar pada MS Word berfungsi untuk :
a. menggulung layar dokumen ke atas, bawah, kiri, maupun kanan halaman.
b. menggulung layar dokumen ke atas maupun ke bawah halaman
c. menggulung layar dokumen ke arah kiri maupun kanan halaman
d. menggulung layar dokumen ke arah atas dan kanan halaman
2.6.2. Tes Praktek
Lakukan urutan langkah-langkah untuk membuka MS Word dengan cara start.
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1. Tujuan Pemelajaran
Siswa mampu mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dokumen menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
3.2. Mengenali Lingkungan Kerja
3.2.1. Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga memiliki gambar (image) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya.
Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan toolbar adalah sebuah baris memanjang yang bisa terdiri dari button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View > Toolbars
Gambar 8. Keterangan menu dan toolbar
3.3. Keyboard Shortcut
Kunci shortcut berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.
Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci pada keyboard yang sering digunakan untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi MS Word.
Kombinasi Shortcut yang sering digunakan | Fungsi |
CTRL+N | Membuat sebuah dokumen baru |
CTRL+O | Membuka dokumen |
CTRL+W | Menutup dokumen |
ALT+CTRL+S | Memecah jendela dokumen |
ALT+SHIFT+C | Mengembalikan dokumen setelah dipecah |
CTRL+S | Menyimpan dokumen |
CTRL+B | Membuat cetak tebal |
CTRL+I | Membuat huruf miring |
CTRL+U | Membuat huruf bergaris bawah |
CTRL+SHIFT+< | Mengurangi ukuran huruf |
CTRL+SHIFT+> | Memperbesar huruf |
CTRL+C | Menyalin teks atau obyek terpilih |
CTRL+X | Memotong teks atau obyek terpilih |
CTRL+V | Menempelkan teks atau obyek |
CTRL+Z | Membatalkan aksi sebelumnya |
CTRL+Y | Menjalankan lagi aksi terakhir |
CTRL+F | Mencari teks dan item-item khusus |
ALT+CTRL+Y | Mengulangi pencarian (setelah menutup jendela Find and Replace) |
CTRL+H | Mengganti teks, format spesifik, dan item khusus |
CTRL+G | Menuju ke page, bookmark, footnote, tabel, comment, graphic, atau lokasi lain |
ALT+CTRL+HOME | Melakukan penelusuran melalui sebuah dokumen |
ALT+CTRL+P | Mengubah ke print layout view |
ALT+CTRL+O | Mengubah outline view |
ALT+CTRL+N | Mengubah normal view |
BACKSPACE | Menghapus ke kiri satu karakter |
CTRL+BACKSPACE | Menghapus ke kiri satu kata |
DELETE | Menghapus ke kanan satu karakter |
CTRL+DELETE | Menghapus ke kanan satu kata |
CTRL+SHIFT+F | Mengubah font |
CTRL+SHIFT+P | Mengubah ukuran font |
CTRL+] | Menambah ukuran font per 1 point |
CTRL+[ | Mengurangi ukuran font per 1 point |
CTRL+D | Mengubah format karakter (perintah Font, menu Format) |
SHIFT+F3 | Mengubah besar kecilnya huruf |
CTRL+SHIFT+A | Memformat huruf menjadi besar semua (capital) |
CTRL+SHIFT+W | Menggarisbawahi kata tanpa spasi |
CTRL+SHIFT+D | Memberi garis bawah ganda pada teks |
CTRL+SHIFT+H | Membuat teks yang tersembunyi |
CTRL+SHIFT+K | Memformat huruf menjadi huruf besar tetapi berukuran kecil |
CTRL+EQUAL SIGN | Membuat format subscript |
CTRL+SHIFT+PLUS SIGN | Membuat format superscript |
CTRL+SPACEBAR | Menghilangkan format karakter manual |
CTRL+SHIFT+Q | Mengubah font menjadi simbol |
0 komentar :
Posting Komentar