Rabu, 06 November 2013

Asal mula google

1995
Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Stanford. (Larry, 22, lulusan Universitas Michigan, mempertimbangkan untuk sekolah di sana; Sergey, 21, ditunjuk untuk mendampinginya berkeliling.) Menurut beberapa sumber, mereka tidak sepakat hampir dalam segala hal saat pertama kali bertemu.
1996
Larry dan Sergey, yang sekarang adalah mahasiswa ilmu komputer Stanford, mulai berkolaborasi dalam proyek mesin telusur bernama BackRub.
BackRub beroperasi di server Stanford selama lebih dari satu tahun—belakangan menyedot terlalu banyak lebar pita untuk memenuhi permintaan universitas.

1997
Larry dan Sergey memutuskan bahwa mesin telusur BackRub memerlukan nama baru. Setelah bertukar pendapat, mereka akhirnya menggunakan nama Google—plesetan kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi di web yang terasa tidak terbatas.
1998
Agustus

Pendiri bersama Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan cek sejumlah $100.000 untuk sebuah entitas yang masih belum ada: sebuah perusahaan bernama Google Inc.
September
Google menyiapkan ruang kerja di garasi Susan Wojcicki di 232 Santa Margarita, Menlo Park.
Google mengajukan pembentukan badan hukum di California pada tanggal 4 September. Tak lama kemudian, Larry dan Sergey membuka rekening bank dengan nama perusahaan yang baru dibuat itu dan menyetorkan cek Andy Bechtolsheim.
Larry dan Sergey mempekerjakan Craig Silverstein sebagai pegawai pertama mereka; beliau adalah sesama mahasiswa S2 ilmu komputer di Stanford.

Desember
“PC Magazine” melaporkan bahwa Google “memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengembalikan hasil yang sangat relevan sekali” dan mengakui kami sebagai mesin telusur pilihan dalam 100 Situs Web Terbaik tahun 1998.
1999
Februari

Kami melampaui luasnya kantor garasi kami dan pindah ke markas yang baru di 165 University Avenue di Palo Alto hanya dengan delapan pegawai.
April
Yoshka, anjing “perusahaan” pertama kami, masuk kantor bersama wakil presiden senior operasi, Urs Hoelzle.
Mei
Omid Kordestani bergabung untuk menjalankan penjualan—tenaga kerja nonteknis pertama.
Juni
Siaran pers kami yang pertama mengumumkan suntikan modal sebesar $25 juta dari Sequoia Capital dan Kleiner Perkins; John Doerr dan Michael Moritz bergabung. Siaran itu mengutip Moritz yang menguraikan “Googlers” sebagai “orang-orang yang menggunakan Google.”
Agustus
Kami pindah ke lokasi Mountain View pertama kami: 2400 E. Bayshore. Montain View terletak beberapa mil sebelah selatan Universitas Stanford, dan sebelah utara kota tua Silicon Valley: Sunnyvale, Santa Clara, San Jose.
November
Charlie Ayers bergabung sebagai koki pertama Google. Beliau memenangkan pekerjaan ini dalam kompetisi memasak yang dinilai oleh 40 pegawai perusahaan. Yang membuatnya terkenal saat itu adalah: memasak untuk Grateful Dead.
2000
April

Pada April Mop, kami mengumumkan MentalPlex: kemampuan Google untuk membaca pikiran saat Anda memvisualkan hasil penelusuran yang Anda inginkan. Lalu dimulailah lelucon tahunan kami dalam tradisi kabar bohong 1 April Silicon Valley.
Mei
Google.com versi 10 bahasa yang pertama dirilis: Prancis, Jerman, Italia, Swensk, Suomi, Spanyol, Portugis, Belanda, Norsk, dan Dansk.
Kami memenangkan Webby Awards pertama: Technical Achievement (pilihan juri) dan Peoples’ Voice (pilihan pengguna).

Juni
Kami membentuk kemitraan dengan Yahoo! untuk menjadi penyedia penelusuran bawaannya.
Kami mengumumkan indeks miliaran URL dan akhirnya Google menjadi mesin telusur terbesar di dunia.

September
Kami mulai menawarkan penelusuran di China, Jepang, dan Korea, menjadikan jumlah total bahasa yang didukung mencapai 15 bahasa.
Oktober
Google AdWords diluncurkan dengan 350 pelanggan. Program iklan swalayan tersebut menjanjikan aktivasi daring dengan kartu kredit, penargetan kata kunci, dan umpan balik kinerja.
Desember
Google Toolbar dirilis. Ini adalah pengaya peramban yang memungkinkan Anda melakukan penelusuran tanpa mengunjungi beranda Google.
2001
Januari

Kami mengumumkan pengangkatan veteran Silicon Valley, Wayne Rosing, sebagai Wakil Presiden operasi teknik yang pertama.
Februari
Akuisisi publik pertama kami: Layanan Diskusi Usenet Deja.com, sebuah arsip berisi 500 juta diskusi Usenet sejak tahun 1995. Kami menambahkan fitur penelusuran dan perambanan serta meluncurkannya sebagai Grup Google.
Maret
Eric Schmidt ditunjuk sebagai ketua dewan direksi.
Google.com tersedia dalam 26 bahasa.

April
Swedish Chef menjadi sebuah preferensi bahasa.
Juli
Penelusuran Gambar diluncurkan, menawarkan akses ke 250 juta gambar.
Agustus
Kami membuka kantor internasional pertama kami, di Tokyo.
Eric Schmidt menjadi CEO kami. Larry ditunjuk sebagai presiden produk dan Sergey ditunjuk sebagai presiden teknologi.

Oktober
Kemitraan baru bersama Universo Online (UOL) membuat Google menjadi layanan penelusuran utama untuk jutaan orang Amerika Latin.
Desember
Menyimpan jejak: Indeks kami bertambah hingga 3 miliar dokumen web.
2002
Februari

Klingon menjadi salah satu dari 72 bahasa antarmuka.
Perangkat keras Google yang pertama dirilis: perangkat ini berupa kotak kuning yang disebut Google Search Appliance yang dapat dipasang ke jaringan komputer bisnis untuk mengaktifkan kemampuan penelusuran untuk dokumennya sendiri.
Kami merilis perombakan besar-besaran untuk AdWords, termasuk penetapan harga biaya per klik yang baru.

April
Untuk April Mop, kami mengumumkan bahwa burung merpatilah yang menjadi sumber daya hasil penelusuran kami.
Kami merilis seperangkat API, memungkinkan pengembang membuat kueri terhadap lebih dari 2 miliar dokumen web dan program di lingkungan favoritnya, antara lain Java, Perl, dan Visual Studio.

Mei
Kami mengumumkan kemitraan besar dengan AOL untuk menawarkan penelusuran Google dan tautan yang disponsori kepada 34 juta pelanggan menggunakan CompuServe, Netscape, dan AOL.com.
Kami merilis Google Labs, sebuah tempat untuk menguji teknologi beta langsung dari tim R&D kami.

September
Google Warta diluncurkan dengan 4000 sumber berita.
Oktober
Kami membuka kantor Australia yang pertama di Sydney.
Desember
Sekarang Anda dapat menelusuri barang-barang yang ingin Anda beli dengan Froogle (kemudian disebut Google Product Search).
2003
Januari

Anggota American Dialect Society memilih “google” sebagai Kata Tahun Ini “yang paling berguna” di tahun 2002.
Februari
Kami mengakuisisi Pyra Labs, pembuat Blogger.
Maret
Kami mengumumkan layanan iklan bertargetkan konten, yang memungkinkan penayang besar dan kecil mengakses jaringan pengiklan Google yang luas. (Beberapa minggu kemudian, pada 23 April, kami mengakuisisi Applied Semantics, yang teknologinya mendukung suatu layanan, yaitu AdSense.)
April
Kami meluncurkan Google Grants, program iklan in-natura bagi organisasi nirlaba untuk menjalankan kampanye in-natura untuk tujuan mereka.
Oktober
Pendaftaran terbuka bagi pembuat program untuk berkompetisi mendapatkan hadiah uang tunai dan pengakuan di Code Jam pertama kami. Pembuat kode dapat bekerja di Java, C++, C#, atau VB.NET.
Desember
Kami meluncurkan Google Print (yang kemudian menjadi Penelusuran Buku Google), mengindeks nukilan pendek dari berbagai buku untuk dimunculkan dalam hasil penelusuran.
2004
Januari

orkut diluncurkan sebagai sebuah cara bagi kami untuk melangkah ke dunia jejaring sosial.
Februari
Larry Page dilantik menjadi anggota National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional).
Indeks penelusuran kami menancapkan tonggak sejarah baru: 6 miliar item, termasuk 4,28 miliar laman web dan 880 juta gambar.

Maret
Kami pindah ke “Googleplex” baru di 1600 Amphitheatre Parkway di Mountain View, sehingga 800 lebih pegawai merasakan seperti bekerja di kampus.
Kami memformalkan unit perusahaan kami dengan mempekerjakan Dave Girouard sebagai manajer utama; bulan April, para wartawan mulai melaporkan visi perusahaan dalam bisnis penelusuran.
Kami memperkenalkan Google Lokal, menawarkan pencantuman bisnis tetangga yang relevan, peta, dan petunjuk arah. (Kemudian, Lokal dikombinasikan dengan Google Maps.)

April
Untuk April Mop, kami mengumumkan rencana pembukaan Googlunaplex, sebuah fasilitas riset baru di Bulan.
Mei
Kami mengumumkan pemenang pertama Beasiswa Anita Borg Google, dianugerahkan kepada para wanita luar biasa yang mempelajari ilmu komputer. Saat ini, beasiswa tersebut terbuka bagi pelajar di AS, Kanada, Australia, dan Eropa.
Agustus
Kami melakukan Penawaran Umum Perdana atas 19.605.052 saham biasa Kelas A di Wall Street pada 19 Agustus. Harga pembukaan: $85 per saham.
September
Terdapat lebih dari 100 domain Google (Norwegia dan Kenya adalah yang ke-102 dan 103). Sejak saat itu, daftar tersebut terus berkembang hingga lebih dari 150 domain.
Oktober
Kami secara resmi membuka kantor di Dublin, Irlandia, dengan 150 Karyawan Google multibahasa, kunjungan dari Sergey dan Larry, dan pengakuan dari Deputi Perdana Menteri Irlandia, Mary Harney.
Google SMS (layanan pesan singkat) diluncurkan; mengirimkan kueri penelusuran teks Anda ke GOOGLE atau 466453 di perangkat seluler Anda.
Larry dan Sergey disebut sebagai Cendekiawan oleh Marconi Society, yang memberikan pengakuan atas “kontribusi ilmiah sepanjang masa untuk kemajuan manusia dalam bidang ilmu komunikasi dan internet.”
Kami memeriahkan kantor teknik baru kami di Bangalore dan Hyderabad, India, dengan kunjungan dari Sergey dan Larry.
Google Penelusuran Desktop diperkenalkan: Sekarang Anda dapat menelusuri berkas dan dokumen yang disimpan di diska keras menggunakan teknologi Google.
Kami meluncurkan Google Cendekia versi beta, sebuah layanan gratis untuk menelusuri literatur ilmiah seperti makalah kajian kolega, skripsi, buku, pracetak, abstrak, dan laporan teknis.
Kami mengakuisisi Keyhole, sebuah perusahaan pemetaan yang teknologinya di kemudian hari menjadi Google Earth.

November
Jumlah laman web indeks kami mencapai 8 miliar.
Desember
Kami membuka pusat R&D (riset & pengembangan) di Tokyo untuk memikat para insinyur terbaik dan paling cemerlang di Jepang maupun seluruh Asia.
Program Google Print (sejak diubah namanya menjadi Penelusuran Buku Google) berkembang melalui kemitraan pemindaian digital dengan perpustakaan Harvard, Stanford, Universitas Michigan, dan Oxford, serta Perpustakaan Umum New York.

2005
Februari

Kami mencapai tonggak sejarah dalam Penelusuran Gambar: 1,1 miliar gambar terindeks.
Google Maps mulai dapat digunakan.

Maret
Kami meluncurkan code.google.com, tempat baru untuk sumber daya berorientasi pengembang, termasuk semua API kami.
Sekitar 14.000 programer yang mewakili enam negara berkompetisi untuk mendapatkan hadiah uang tunai dan pengakuan dalam kompetisi pengodean di India, pencetak skor tertinggi adalah Ardian Kristanto Poernomo dari Singapura.
Kami mengakuisisi Urchin, sebuah perusahaan analisis web yang teknologinya digunakan untuk membuat Google Analytics.

April
Google Maps pertama yang rilis di Eropa adalah untuk Inggris.
Untuk April Mop, kami mengumumkan minuman ajaib yang membuat orang yang meminumnya menjadi lebih cerdas, dan karenanya jadi lebih cakap menggunakan hasil penelusuran dengan sepatutnya.
Google Maps sekarang memiliki fitur tampilan satelit dan petunjuk arah.
Google Lokal dapat diakses secara seluler, dan mencakup SMS petunjuk arah mengemudi.
Riwayat Penelusuran Saya diluncurkan di Labs, memungkinkan Anda melihat semua laman web yang pernah dikunjungi dan penelusuran Google yang pernah Anda lakukan sepanjang waktu.
Kami merilis Penargetan Situs, fitur AdWords yang memungkinkan pengiklan menargetkan iklannya dengan lebih baik pada situs dengan konten tertentu.

Mei
Kami merilis Blogger Seluler, yang memungkinkan blogger menggunakan ponsel selulernya untuk mengeposkan dan mengirimkan foto ke blognya.
Google Cendekia menambah dukungan untuk akses institusi: Penelusur sekarang dapat mencari letak artikel jurnal di dalam perpustakaan mereka sendiri.
Beranda Hasil Personalisasi (sekarang iGoogle) dirancang bagi pengguna agar dapat mengubahsuai beranda Google dengan modul konten pilihannya.

Juni
Kami menyelenggarakan Summer of Code pertama, sebuah program bernilai $2 juta yang digelar selama 3 bulan dan bertujuan untuk membantu para mahasiswa ilmu komputer untuk berkontribusi pada perkembangan perangkat lunak sumber terbuka.
Google Penelusuran Web Seluler dirilis, diformulasikan secara khusus untuk melihat hasil penelusuran di ponsel.
Kami merilis Google Earth: sebuah layanan pemetaan berbasis citra yang mengombinasikan medan dan bangunan 3D dengan kemampuan pemetaan dan penelusuran Google.
Kami merilis Penelusuran Hasil Personalisasi di Labs: sepanjang waktu, riwayat penelusuran (jika Anda ikut serta) akan cukup mencerminkan ketertarikan Anda.
API untuk Maps dirilis; pengembang dapat menyematkan Google Maps di segala jenis situs dan layanan pemetaan.

Agustus
Google mendapatkan nilai bagus dalam evaluasi mesin penerjemah pemerintah AS tahun 2005. (Kami juga mendapat nilai bagus pada tahun-tahun berikutnya.)
Kami meluncurkan Google Talk, sebuah aplikasi Windows yang dapat diunduh dan memungkinkan Anda mengobrol atau mengirim IM kepada teman dengan cepat dan mudah, serta berbicara menggunakan mikrofon dan speaker komputer (tidak perlu telepon) secara gratis.

September
Hamparan di Google Earth menampilkan dengan jelas kerusakan yang disebabkan oleh Badai Katrina di sekitar New Orleans dan Gulf Coast. Beberapa tim penyelamat menggunakan alat ini untuk mencari lokasi korban yang terdampar.
Veteran DARPA, Vint Cerf, bergabung dengan Google untuk meneruskan pencariannya terhadap internet terbuka global.
Dr. Kai-Fu Lee mulai bekerja di Pusat Riset dan Pengembangan kami yang baru di China.
Penelusuran Blog Google mulai dapat digunakan; ini adalah cara untuk menemukan pos blog terkini dan relevan dalam topik tertentu di seluruh dunia blog yang sangat luas.

Oktober
Pencinta umpan bersuka cita saat Pustaka Google, sebuah pembaca umpan, diperkenalkan dalam konferensi Web 2.0 di San Fransisco.
Karyawan Google secara sukarela membuat acara buku Mountain View yang pertama bersama Malcolm Gladwell, penulis “Blink” dan “The Tipping Point.” Sejak saat itu, program Authors@Google telah menginangi lebih dari 480 penulis di 12 kantor di penjuru AS, Eropa, dan India.

November
Kami merilis Google Analytics, yang sebelumnya dikenal dengan nama Urchin, untuk menghitung pengaruh situs web dan kampanye pemasaran.
Kami mengumumkan pembukaan kantor pertama kami di Sao Paulo dan Kota Meksiko.

Desember
Google Transit diluncurkan di Labs. Orang-orang di Portland, area metropolitan Oregon, sekarang dapat merencanakan perjalanan menggunakan angkutan umum di satu situs.
Gmail untuk seluler diluncurkan di Amerika Serikat.

2006
Januari

Code Jam pertama kami di China ditutup di Beijing. Pemenangnya, mahasiswa S2 Chuan Xu, adalah satu dari 13.000 lebih pendaftar.
Kami mengumumkan akuisisi dMarc, sebuah perusahaan iklan radio digital.
Google.cn, sebuah versi domain lokal Google, mulai aktif di China.
Kami memperkenalkan Picasa dalam lebih dari 25 bahasa, termasuk Polski, Thai, dan Vietnam.

Februari
Kami merilis Obrolan di Gmail, menggunakan alat perpesanan instan dari Google Talk.
Eric Schmidt dilantik menjadi anggota National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional).
Dr. Larry Brilliant menjadi direktur eksekutif Google.org, tangan dermawan kami.
Google Warta untuk seluler diluncurkan.


2012
Januari

Google.com/elections adalah toko serba ada baru untuk berita, tren, dan alat online untuk pemilihan di seluruh dunia.
Pembuat Addams Family mendapatkan orat-oret untuk ulang tahun ke-100-nya.
Penelusuran plus Dunia Anda adalah langkah berikutnya dalam mengubah Google menjadi mesin telusur yang tidak hanya dapat memahami konten, namun juga orang dan hubungan.
Kami adalah perusahaan layanan internet utama pertama yang menerima sertifikasi ISO 14001 dan OHSAS 18001 untuk semua pusat data kami yang dioperasikan dan dimiliki di AS, yang merupakan standar tinggi untuk pengelolaan lingkungan dan keamanan kerja.
Seusai pertanggungjawaban kenegaraan (State of the Union), Presiden AS Barack Obama menggunakan Google+ Hangout untuk menjawab pertanyaan dari warga secara langsung.
Google Earth 6.2 melakukan peningkatan penelusuran, menambahkan alat berbagi Google+, dan menciptakan dunia tanpa hambatan dari bagian foto-foto sebelumnya.



0 komentar :

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers