Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari
elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana
mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal
sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor
J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan
satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya
internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi
antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995
yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada
tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring
sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang
dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan
seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada
beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak
hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna
kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan
jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google
dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis
sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005
News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited
pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial
menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan
kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat,
messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan
lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata
dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan
pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti
pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai
berikut:
a) Facebook
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah
sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial
yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang
memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak,
ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai
beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti
masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna
baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu
supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel
sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama
pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di
form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah
kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar
facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu.
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa
Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat
situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya
diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya,
keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College,
Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan
semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang
selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah
peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu
universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga
bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah
tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September
2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat
email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa
perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk
membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark
Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang
fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan
yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah
tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200
ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan
Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai
nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan
melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya
ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini,
menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user.
Sangat fantastis!
b) Twitter
Setelah kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs
jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang
berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan
secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter
kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui
beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui
aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan
aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat,
Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang
memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang
pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.
Ide pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan
sepele yaitu “Apa yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya
menjembatani pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya
“What are you doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui
fasilitas antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi
antarmuka tersebut tampil di website/blog penggunanya.
Jika layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan
informasi kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai
sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak,
untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter
umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.
Contoh untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi
cepat tentang keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan
malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang
lain yang menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan
respon akan tercipta.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan
kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan
berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan
komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan,
baik itu pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal
Barack Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk,
Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun
ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama
akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka
lakukan beberapa menit sekali.
Bali Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status
pelayanan secara real time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada
pengunjung website. Status informasi terkini kami tampilkan di website maupun
blog ini.
c) Friendster
Friendster adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara
manual, dimana di situs itu berguna untuk melihat melihat teman-teman
seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu
bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb ).
Untuk bisa menjadi anggota di Friendster tersebut. Terlebih dahulu
kita harus punya E-mail. Jadi, nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail,
berarti kita harus mendaftar. Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita
tinggal mendaftar secara langsung tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang
harus dimasukkan. Nah, agar kita bisa masuk ke dalam situs Friendster tadi,
maka mulailah kita mendaftar. Dan cara-caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Google
Chrome atau Mozilla Firefox
2. Ketik Situs
yang diingini, contoh (www.friendster.com)
3. Cari kalimat
==>> Sign Up
Sign Up artinya
kita masuk untuk mendaftar di friendster.
4. Setelah klik
Sign Up, maka akan muncul tempat pendaftaran tersebut.
5. Isilah
pendaftaran tersebut dengan lengkap. Turuti perintah didalam pendaftaran
tersebut.
6. Kemudian klick
Register.
7. Setelah
Register yang telah di klick tadi ada muncul Verify Email Address.
8. Nah, dengan
munculnya kalimat tersebut, lalu kita klick Home.
Home artinya kita masuk untuk melihat apakah kita sudah sukses
terdaftar. Berarti untuk mendaftar kita udah selesai.
Kita tentu tak asing lagi dengan kata Friendster. Nama tersebut
telah lama melekat di benak pengguna internet, khususnya mereka yang gemar
mencari teman dan membangun jaringan pertemanan di dunia maya. Demikian
populernya, hingga mendorong berbagai content provider untuk menghadirkan situs
layanan serupa. Jadi, jangan heran kalau saat ini Friendster sudah punya banyak
“teman.” Jangan ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.”
Begitulah kira-kira komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin masih banyak komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain
lagi- yang intinya sama; ada yang kurang kalau belum jadi anggota Friendster.
Sebagian dari Anda mungkin tidak setuju, namun mesti diakui kalau Friendster
adalah fenomena baru bagi pengguna internet, yang dapat membentuk komunitas
tanpa batas setelah e-mail, mailing list, dan instant messenger. Sebagai salah
satu situs pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia.
Sementara di Amerika Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di
MySpace. Mari kita telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai
dari yang paling akrab dengan kita, Frienster.
Sistem kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM).
Kalau kita punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam
jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu
komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini, selain
diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan
testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih
obyektif. Ngomong-ngomong, siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster?
Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002
berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya
adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan
sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai
senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams
sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.
Ketika perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda
kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai
investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis.
Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta
orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix,
tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober
2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka
pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.
d) Mig33
Mig33 Merupakan Aplikasi Chat Berbasis Java. Mig33 adalah
komunitas mobile yang menyediakan fasilitas komunikasi dengan teman-teman dan
keluarga melalui berbagai macam layanan online di dalam handphone, PC. Dengan
mig33,Kita Dapat chating dan mengirim sms, email,menelpon ke luar negeri dengan
murah, tukeran foto, komunikasi dengan teman lama dan bahkan saling bertemu
Apa aja yang ada di dalam aplikasi Mig33?
Diantaranya:
* Chatroom
* Profiles
* Photo Sharing
* Mobile Web
* Rewards for
inviting friends
* And more
Konektivitas
* Use your IM
(MSN, Yahoo!, ICQ, AOL, Google Talk, SMS)
* Share Photos
* Make
inexpensive international phone calls
* Send cheap
international SMS
*Dan masih banyak
lagi yg lainnya
e) Skype
Skype adalah sebuah aplikasi messenger seperti halnya Yahoo
Messenger, MSN Messenger dll, tetapi Skype lebih difokuskan pada layanan voice
messenger ketimbang teks sehingga Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP
(Voice over Internet Protocol) yaitu komunikasi suara melalui protokol
Internet.
Dengan demikian kita bisa melakukan panggilan (telepon) antar PC
ke PC dengan biaya gratis disamping itu kita juga dapat melakukan panggilan
dari PC ke telepon rumah atau panggilan dari PC ke ponsel atau sebaliknya
dengan biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas suara yang sangat bagus.
Keterangannya dapat dilihat di situsnya www.skype.com. (Aplikasi tersebut bisa
kita download dari situsnya dan cara installnya sangat mudah sekali).
Dengan fasilitas VoIP tersebut kita dapat berkomunikasi dengan
siapa saja diluar sana dengan mudah (dapat langsung dengan suara/ngobrol dengan
biaya gratis) atau dengan teks (selain chatting seperti biasa kita juga bisa
kirim sms ke ponsel). Komunikasi dapat dilakukan hampir-hampir real time.
Mekanisme real time-nya sendiri adalah saat kita mengirim teks
atau suara, penerima dapat menerimanya hampir pada saat yang bersamaan sehingga
dua pihak (atau sampai 4 pihak atau lebih (teleconference)) di tempat yang
berbeda dapat berkomunikasi dengan baik.
Skype juga menyebabkan dunia telekomunikasi menjadi tidak
terbatas, dengan memberikan pilihan bagi para pemakainya untuk mengakses
telepon. Skype yang dimasukkan ke dalam alat teknologi seperti ponsel membuat
konsumen ponsel dapat melakukan teknologi telepon berbasis internet, dan sudah
dimulai oleh motorola.
Dengan memanfaatkan fitur nirkabel, kualitas akses telepon
berbasis internet juga sangat mudah dilakukan. Ketika PDA yang didalamnya sudah
terinstall aplikasi Skype kemudian terkoneksi dengan salah satu hotspot,
sambungan koneksi Skype bisa dilakukan, baik untuk telepon melalui jaringan
internet tidak terbayar (gratis) apabila menghubungkan sebuah komputer yang
menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel dan telepon rumah bila menggunakan
layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat murah. (Diperjelas : bila
dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot, menelepon ke komputer yang
ada dirumah biayanya gratis dan apabila dari PDA menelepon ke ponsel atau
telepon rumah maka diberlakukan tarif tapi sangat murah menggunakan layanan
Skype Out).
Teman saya yang pernah mengikuti pertukaran pelajar antara ITB
dengan Finlandia juga pernah menggunakan layanan yang disediakan oleh Skype.
Daripada menelepon lewat ponsel ke telepon rumah yang tarifnya sangat mahal
maka teman saya ini memanfaatkan Skype dengan cara menelepon dari komputer ke
telepon rumah (dari Finlandia ke Yogyakarta) dan tarifnya sangat murah sekali
(kalau saya tidak salah Rp 250 permenit). Cara pembayarannya juga sangat mudah
sekali, kita tinggal beli voucher dari situs www.skype.com kemudian dipakai.
Skype memang teknologi yang benar-benar kompleks karena banyak
sekali fitur-fitur atau layanan-layanan yang disediakan, selain telepon
berbasis internet dengan biaya gratis, juga bisa nonton TV gratis diinternet
(saya baca di artikel, belum pernah dicoba sih) dan merencanakan
komunikasi video secara real-time yang merupakan hal yang sangat menarik untuk
dunia bisnis, bisa dibayangkan sebuah layanan video yang memungkinkan orang
menjual berbagai jenis jasa, seperti konsultasi bisnis melalui Web, atau
sebagai sarana alternatif untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
Manfaat Jejaring Sosial
Tidak selamanya
jejaring sosial itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok jika kita
menilai dan memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa 8 Manfaat Positif
Jejaring Sosial.
1. Mempelopori
Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca Lebih
Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi dan Reformasi.”
Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan pendapat.
2. Menjadikan Orang
Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian
di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki tingkat
kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka itu
sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan
diri yang tinggi.
3. Mempermudah
Komunikasi
Yang namanya
jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi berkomunikasinya
lewat sebuah media yang bernama internet.
4. Mempermudah
Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa
Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu untuk
mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus menyampaikannya dari jejaring
sosial, karena jejaring sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.
5. Bisa Mendapatkan
Uang dari Bisnis Online
Dengan jejaring
sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda memiliki Twitter yang
difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan Twitter anda
dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan membayar per klik
dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
6. Bisa Mempelajari
Bahasa Asing
Yang namanya
Jejaring Sosial itu umumnya bersifat internasional dan Bahasa Internasional itu
adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu kita secara tidak
langsung akan mempelajari bahasa asing.
7. Bisa
Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya kita
itu memiliki hak dan kewajiban untuk menyampaikan pendapat. Tapi
menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung
jawab. Misalnya, kita membagikan link di akun twitter kita. Tapi link tersebut
isinya tentang ilmu pendidikan / hal yang bermanfaat.
8. Menyelamatkan
Kita dari Aksi Kriminal
Ada sebuah kasus
bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi maling. Pada saat itu ada
maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu anggota keluarganya. Lalu dia
mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak temanya yang
menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan temanya bahwa itu
serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi langsung ke TKP dan
khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut belum sempat kabur
Dampak Negatif Jejaring Sosial
Teknologi merupakan hal mubah (boleh) yang hukumnya akan menjadi
halal jika dipergunakan untuk hal-hal positif dan bermanfaat namun bisa pula
menjadi haram ketika teknologi tersebut dipergunakan sebagai media dalam
melakukan tindakan yang melanggar aturan Islam. Maka dari itu bagi para orang
tua, guru dan para pendidik generasi menjadi sangat urgen dalam memberikan
pendidikan terhadap efek negatif internet terutama situs jejaring sosial yang
sedang membius jutaan bahkan milyaran umat manusia. Jangan sampai generasi yang
akan menjadi generasi penerus khilafah di muka bumi ini justru menjadi generasi
yang merugi karena keengganan kita dalam mendidik mereka dan memberikan
pemahaman tentang efek negatif jejering sosial sehingga mereka terperosok dan
menjadi korban kejahatan dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa ulasan
singkat tentang efek negatif jejaring sosial terutama situs Facebook dan
Twitter bagi anak dan remaja.
1. Malas
Ini efek negatif
yang paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya anak. Mereka
menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik dengan teman
barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan
kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh anak.
2. Egois
Situs jejaring sosial
akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi tidak sadar dan
peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka dihabiskan didepan
internet. Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang bahkan tidak berempati
dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya. Kepekaan mereka terhadap
lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh kesenangannya terhadap
teman-temannya di situs jejaring sosial.
3. Merusak Tata
Bahasa
Situs jejaring
sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam melakukan
interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku
untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka berkomunikasi
semau mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli dengan tata
bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti membunuh
kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya dalam
berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis mereka
yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.
4. Makanan Predator
Situs jejaring
sosial ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan
kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah
benar-benar orang yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah
tahu apakah teman tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti
keadaannya didunia nyata. Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di
situs jejaring sosial maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak dari
tindak kejahatan baik fisik maupun psikis.
Maka dari itu, bagi para guru, orang tua dan para pendidik
generasi, efek negatif situs jejaring sosial haruslah disampaikan kepada anak.
Ini berarti pula bahwa para guru, orang tua, dan pendidik haruslah tahu pula
apa, siapa dan bagaiamana situs jejaring sosial yang sering dikunjungi
anak-anaknya. Bentengilah generasi kita dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam
yang kaffah, agar mereka bisa membentengi diri sendiri disaat mereka terlepas
dari pengawasan para orang tua dan gurunya.
Kesimpulan
Pada pokok
pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari pembahasan
makalah.
1. Jejaring sosial
adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda tempat,
meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2. Jejaring sosial
ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin memilih
yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user.
3. Jejaring sosial
ada dampak positif dan dampak negatifnya. Tergantung user bagaimana
memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.
0 komentar :
Posting Komentar